Skip to main content

PR CONSULTANT JAKARTA – Pernah penasaran nggak sih, berhasil atau nggak sih usaha PR yang udah kamu gelontorkan banyak duit itu? Kayaknya sering deh kita bingung, soalnya toh ngukur suksesnya PR itu nggak semudah ngukur iklan yang langsung keliatan hasilnya.

Tapi, jangan salah! Ada kok cara buat tau apakah upaya PR kamu itu udah on the right track. Yuk, intip 7 trik jitu buat ngukur dampak kampanye PR kamu!

1. Kliping Pers yang Nambah Terus
Cek deh, berapa banyak kliping atau potongan berita tentang brand atau produk kamu yang muncul di media. Semakin sering muncul, berarti semakin banyak yang aware tentang usaha kamu!

2. Tayangan Media yang Meledak
Gimana cara ngitungnya? Kalikan jumlah kliping dengan total pembaca media tersebut. Misalnya nih, brand kamu disebut di media besar dengan pembaca dua juta orang, berarti kamu udah dapet dua juta tayangan. Keren kan?

3. Analisis Isi Beritanya
Bukan cuma banyaknya, tapi isi beritanya juga penting. Apakah berita itu mencerminkan pesan utama brand kamu? Apakah brand kamu tampil sebagai the good guy? Ini penting buat ngukur kualitas liputan kamu.

4. Lalu Lintas Situs Web Melonjak
Nah, ini nih yang gampang dilihat. Bandingkan jumlah pengunjung situs kamu sebelum dan sesudah kampanye. Kalau ada lonjakan, berarti orang-orang penasaran dan tertarik sama apa yang kamu tawarkan.

5. Sumber Prospek Penjualan
Ini sih sedikit tricky. Kadang susah buat tau pasti kapan berita tentang kamu berhasil bikin orang beli. Tapi, tanya aja langsung ke pelanggan baru, dari mana mereka tau tentang kamu. Simple kan?

6. Survei Pasar yang Eye-Opening
Jangan lupa riset pasar! Cek dulu seberapa kenal mereka sama brand kamu sebelum PR, dan cek lagi setelahnya. Perubahan angka-angka ini bakal kasih tau kamu seberapa jauh kamu udah melangkah.

7. Sebutan di Media Sosial Meningkat
Last but not least, cek media sosial. Bukan cuma jumlah followers, tapi seberapa sering orang ngomongin brand kamu. Kalau semakin banyak yang ngobrolin, berarti kampanye PR kamu udah menuai hasil.

Jadi, masih ragu dengan kekuatan PR? Atau kamu punya cara lain buat ngukur suksesnya? Ayo berbagi di kolom komentar. Siapa tau bisa jadi inspirasi buat yang lain!

WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?