Skip to main content

PR AGENCY JAKARTA – Public Relations (PR) yang baik adalah bagian penting dari strategi operasional bisnis. Jika Anda memiliki PR yang baik, kemungkinan besar Anda akan memiliki basis pelanggan yang kuat dan jangkauan yang luas.

Berikut tujuh taktik yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan PR perusahaan atau organisasi Anda:

1. Filantropi

Salah satu strategi yang sering diterapkan organisasi untuk meningkatkan PR adalah filantropi perusahaan. Meskipun beberapa orang mungkin meragukan niat baik perusahaan besar yang mengeluarkan dana untuk tujuan tertentu, filantropi dapat dipilih dengan hati-hati. Banyak organisasi memilih untuk mendukung isu-isu yang relevan setelah melakukan penelitian mendalam atau berdasarkan preferensi karyawan.

2. Media Sosial

Media sosial adalah cara yang efektif dan mudah untuk meningkatkan PR. Dengan media sosial, Anda dapat secara aktif mengkurasi merek Anda kapan saja. Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara real-time melalui komentar atau streaming langsung, memberikan update tentang acara atau promosi, dan menyampaikan informasi kepada khalayak luas jika terjadi sesuatu yang negatif, seperti penarikan produk. Anda juga dapat menanggapi kritik atau pemberitaan negatif secara langsung, sehingga dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat.

3. Keterlibatan Komunitas

Strategi lain yang mirip dengan filantropi adalah keterlibatan komunitas. Ini membantu karyawan merasa lebih terhubung dengan komunitas serta menunjukkan bahwa perusahaan Anda benar-benar peduli dan ingin membantu. Lakukan survei kepada karyawan untuk mengetahui isu-isu relevan yang mereka minati dan kembangkan program sukarelawan atau sponsor untuk mereka. Eksekutif perusahaan juga bisa terlibat dengan mensponsori atau membantu merencanakan acara komunitas.

4. Alat Organisasi

Meskipun ini mungkin bukan strategi yang jelas untuk meningkatkan PR, berinvestasi pada teknologi yang membantu menjaga alur kerja karyawan tetap efisien dan terorganisir dapat memberikan dampak besar. Alat-alat ini membantu karyawan tetap sesuai jadwal dengan tugas-tugas tertentu, seperti rilis dan peningkatan produk atau layanan. Mereka juga meningkatkan akurasi dan kecepatan tim dukungan pelanggan serta memastikan bahwa karyawan dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien.

5. Keberlanjutan

Go green semakin populer. Pelanggan ingin melihat bahwa perusahaan peduli terhadap pelestarian planet dan meningkatkan kehidupan serta kesehatan masyarakat. Jika Anda memasukkan keberlanjutan ke dalam merek dan citra Anda, kemungkinan besar pelanggan akan memandang perusahaan Anda dengan baik dan tertarik untuk mendukung.

6. Kualifikasi

Mendapatkan atau memberikan penghargaan dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan citra merek organisasi Anda. Di beberapa organisasi, seperti sekolah, kualifikasi merupakan bagian dari struktur. Di organisasi lain, kualifikasinya mungkin tidak begitu jelas, namun masih ada peluang untuk mendapatkan pelatihan spesialis. Secara keseluruhan, bersainglah untuk mendapatkan penghargaan di tempat kerja terbaik.

7. Dukungan Pelanggan

Jika Anda memiliki jaringan dukungan pelanggan yang kuat, kemungkinan besar Anda akan memiliki PR yang baik. Bahkan perusahaan besar pun bisa melakukan kesalahan, jadi pelanggan tidak akan terlalu kaget jika, misalnya, ada penarikan produk. Namun, jika departemen dukungan pelanggan Anda lambat atau pelanggan merasa tidak dilayani dengan baik, hal ini dapat berdampak negatif pada merek Anda. Jika Anda ingin dikenal sebagai perusahaan yang peduli terhadap pelanggan, berikan layanan dan bantuan terbaik.

Catatan

Apapun alasan Anda untuk meningkatkan PR, ini adalah proses yang memerlukan waktu. Anda tidak bisa begitu saja menekan tombol dan langsung memperbaiki keadaan. Menerapkan beberapa teknik ini dapat membantu Anda mengembangkan PR yang kuat secara organik. ***

WeCreativez WhatsApp Support
Our Managing Director is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?